5 Rumus Perkalian di Excel Mudah

5 Rumus Perkalian di Excel Mudah

Rumus Perkalian di Excel - Perkalian adalah salah satu operasi matematika yang mungkin harus dilakukan dalam pekerjaan sehari-hari. 

Misalnya, jika Anda ingin menghitung berapa banyak gaji yang akan Anda terima dari pekerjaan, Anda perlu menghitung jumlah gaji per jam dan jam kerja per minggu, lalu mengalikan keduanya. 

Di sinilah peran Excel sebagai program komputer yang dapat membantu Anda melakukan operasi matematika tersebut dengan cepat dan mudah.

Apa itu rumus perkalian Excel?

Rumus Perkalian di Excel Mudah dan Cepat

Rumus perkalian di Excel
 adalah sebuah rumus yang digunakan untuk mengalikan dua atau lebih nilai atau sel dalam spreadsheet Excel. 

Nah untuk itu excel.web.id akan berbagi informasi tentan cara penggunaan rumus perkalian pada excel pemula yang mungkin saja rumus excel untuk perkalian sebagai bahan belajar.

Rumus Perkalian di Excel Mudah dan Cepat

Rumus perkalian di Excel adalah salah satu rumus dasar yang harus dikuasai oleh semua orang yang bekerja dengan program spreadsheet seperti Excel. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas Cara Menghitung Perkalian di Excel? atau cara menghitung perkalian dengan menggunakan rumus perkalian di Excel.

Artikel ini akan membantu Anda memahami bagaimana rumus perkalian di Excel bekerja dan bagaimana menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Di dalam Excel, ada beberapa cara untuk melakukan perkalian, termasuk menggunakan operator perkalian (*), fungsi perkalian, dan referensi sel.

Dengan Excel, kamu dapat melakukan pengolahan data kuantitatif berupa angka dengan mudah. Salah satu fitur yang sangat berguna dalam Excel adalah rumus perhitungan. 

Rumus perkalian Excel, misalnya, sangat membantu saat kamu melakukan pengolahan data. 

Kamu bisa melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus perkalian Excel dengan dua langkah yang berbeda.

1. Rumus Excel Perkalian Sederhana Operator Perkalian

Rumus perkalian Excel menggunakan operator "*" (tanda asterisk) sebagai simbol perkalian. Di excel kita bisa melakukan perkalian excel otomatis, rupiah dan bahkan persen.

Berikut adalah contoh penggunaan rumus perkalian di Excel dengan Operator Perkalian:

Jika kita ingin mengalikan nilai 10 dengan nilai 5, maka kita dapat mengetikkan rumus berikut di dalam sebuah sel: 
=10*5 = 50
Kita juga dapat mengalikan lebih dari dua nilai atau sel menggunakan rumus ini. Sebagai contoh, jika kita ingin mengalikan nilai di sel A1, A2, dan A3, maka kita dapat mengetikkan rumus berikut di dalam sebuah sel lain: 
=A1*A2*A3

2. Rumus Perkalian Menggunakan Nilai Konstanta

Kamu tahu ga sih sobat excel.web.id Rumus Perkalian Menggunakan Nilai Konstanta? rumus ini dapat membantu kita mengalikan data dengan cepat. Gimana sih caranya?

Cuma tambahin simbol $ pada rumusnya aja, contohnya nih, kamu mau mengalikan angka di kolom A2 dengan C4, tinggal tulis aja rumusnya =A2*$C$4. Hasil perkaliannya muncul dengan cepat. 

Tapi, perlu diingat, sobat excel.web.id. Simbol $ ini punya arti bahwa angka di cel C4 itu absolut, alias enggak bisa diubah-ubah. Jadi, hati-hati saat memakainya ya!

Rumus ini juga enggak perlu kita bikin lagi dan lagi untuk kolom selanjutnya, cukup seret aja rumusnya ke kolom yang mau kita operasikan. Mantap kan?!

3. Rumus Perkalian PRODUCT dalam Excel

Hayo siapa di sini yang suka ribet saat harus mengalikan data secara manual? Saya juga dulu begitu, tapi untungnya sekarang ada fungsi PRODUCT di Excel yang bisa mempermudah hidup kita!

Fungsi PRODUCT ini bisa digunakan untuk mengalikan angka, cell, atau range secara otomatis. 

Cukup dengan mengetikkan rumus =PRODUCT(a:c) di rumus Excel, maka hasil perkalian dari seluruh data pada range tersebut akan langsung muncul. Gampang banget, kan?

Nah, kalo misalnya kamu mau mengalikan data pada cell A1 sampai A5, tinggal tulis rumusnya =PRODUCT(A1:A5). Atau, kalau kamu lebih suka, bisa juga dengan cara drag and drop range data yang ingin dikalikan. Mudah banget, kan?

Jadi, mulai sekarang enggak perlu repot lagi deh ngitung-ngitung sendiri. Gunakan fungsi PRODUCT di Excel dan nikmati kemudahan mengalikan data secara otomatis!

4. Perkalian dengan Persentase

Nah, siapa di sini yang suka bingung menghitung perkalian dengan persentase di Excel? 

cara untuk mengalikan angka dengan persentase di Excel cukup mudah, ini dia jawabannya!

Pertama-tama, kita harus ingat dulu bahwa persentase sebenarnya adalah angka yang dinyatakan dalam bentuk per seratus. Misalnya, 25% sama dengan 0,25. Setelah itu, kamu bisa gunakan rumus sederhana berikut ini:

=Angka * Persentase

Di mana "Angka" adalah nilai yang ingin dikalikan dan "Persentase" adalah nilai persentase yang telah diubah ke bentuk desimal. Mudah banget, kan?

Contohnya, kalo kamu ingin mengalikan angka 200 dengan persentase 25%, kamu bisa tuliskan rumusnya =200*0,25 di Excel. Hasilnya akan otomatis muncul di sel yang kamu inginkan.

Jadi, kalo kamu mau mengalikan angka dengan persentase di Excel, ingat rumus sederhana ini ya!

5. Rumus Perkalian Matriks di Excel

Perkalian matriks adalah salah satu operasi matematika yang dilakukan pada dua matriks dengan jumlah kolom pada matriks pertama sama dengan jumlah baris pada matriks kedua. 

Kalo bingung, jangan khawatir ya. Saya akan kasih contoh sederhana untuk memudahkan pemahaman kita.

  • Pertama-tama, buka Excel dan buat dua tabel atau matriks yang ingin kita kalikan
  • Klik pada kolom pertama baris pertama di Matriks Hasil Perkalian. 
  • Setelah itu, masukkan rumus perkalian matriks di excel: =MMULT(. Selanjutnya blok bagian matriks 1 (tanpa judul). 
  • Setelah itu, masukkan tanda titik koma (;), kemudian blok lagi matriks 2 (tanpa judul). 
  • Langkah terakhir tambahkan tanda tutup kurung. Lalu tekan enter.

Penutup

Demikian rumus perkalian Excel. Semoga dapat membantu dalam penulisan laporan maupun pendataan. Jangan lupa untuk dihafalkan, ya!