3 Cara Agar 0 di Excel Tidak Hilang dengan Mudah

3 Cara Agar 0 di Excel Tidak Hilang dengan Mudah

Cara Agar 0 di Excel Tidak Hilang - Halo sobat excel.web.id pada tutorial kali ini akan mengulas secara lengkap bagaimana Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang.

cara agar 0 di excel tidak hilang ini sebenarnya hal yang sangat mudah, namun tidak dengan sebagian orang yang awam dengan microsoft excel belum mengetahuinya.

Sobat excel.web.id mungkin pernah bingung Ketika membuat tabel daftar peserta kursus, Anda mungkin pernah mengalami kebingungan. 

Masalahnya adalah saat menginput nomor telepon, angka nol (0) di awal nomor sering hilang setelah menekan tombol Enter. 

Sobat excel mungkin semakin penasaran dan mencoba memasukkan data peserta berikutnya, namun tetap menghadapi masalah yang sama, yaitu angka nol (0) di awal nomor hilang saat menekan tombol Enter.

Cara Menampilkan Angka 0 di Excel

3 Cara Agar 0 di Excel Tidak Hilang dengan Mudah

Jika kita memasukkan angka dengan 0 di depannya secara normal, Excel akan secara otomatis menghilangkan 0 tersebut. 

Hal ini dikarenakan Excel mengkonversi input angka menjadi bentuk angka standar yang tidak memiliki angka 0 di depannya. 

Oleh karena itu, ketika kita ingin memasukkan angka dengan 0 di depannya, kita perlu menggunakan beberapa cara khusus dalam Excel. 

Dalam tutorial ini, kita akan mengetahui secara betul Bagaimana cara agar angka 0 muncul di Excel? cara menulis angka nol di Excel agar tidak berubah seperti dibawah ini

Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Agar Tidak Hilang

Ada beberapa cara menampilkan angka nol (0) di awal (angka teks) pada sel Excel. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya:

1. Memulai dengan tanda petik (')


Bagaimana cara agar angka 0 muncul di Excel? Bagaimana cara menulis angka 0 di Excel agar tidak berubah? Kenapa menulis angka di Excel berubah jadi 0?

Pertama cara agar 0 di excel tidak hilang adalah dengan menggunakan tanda petik. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan mengetikkan tanda petik sebelum angka yang memiliki 0 di depannya. 

Dengan menggunakan tanda petik, Excel akan mengenali bahwa data yang kita masukkan adalah teks dan bukan angka standar. Sehingga, Excel tidak akan menghapus angka 0 di depannya dan angka tersebut akan tetap ada dalam sel tersebut.

2. Mengubah Format Sel Menjadi Teks

Cara menampilkan angka nol (0) di awal sel Excel adalah dengan memformat sel tersebut sebagai teks. Metode ini sangat berguna ketika kita perlu memasukkan banyak nomor telepon dalam tabel, terutama jika nomor telepon tersebut ditempatkan dalam satu kolom. 

Dengan memformat sel atau range sel menjadi teks, kita dapat dengan mudah menjaga angka 0 di depan nomor telepon.

Berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Sorot atau pilih sel atau range sel yang ingin kamu format. Jika ingin memformat semua sel di suatu kolom, cukup klik header kolom tersebut.
2. Klik kanan pada salah satu sel yang telah dipilih untuk membuka menu pintas.
3.Pilih opsi "Format Cells"

2. Mengubah Format Sel Menjadi Teks

4. Pilih Number lalu Pilih Teks dan klik OK

2. Mengubah Format Sel Menjadi Teks

5. Cara Agar 0 di Excel Tidak Hilang telah selesai

3. Cara Menulis Angka 0 di Awal di Excel Menggunakan Rumus CONCATENATE

Selain menggunakan format teks atau TEXT, kita juga dapat menggunakan rumus CONCATENATE untuk menampilkan angka 0 di depan angka yang kita inginkan. 

Dengan CONCATENATE, kita dapat menggabungkan angka 0 dengan angka lainnya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Berikut adalah bentuk umum penulisan CONCATENATE untuk tujuan tersebut:

=CONCATENATE("0", angka)

Misalnya, jika kita ingin menambahkan angka 0 di depan angka 123, kita dapat menggunakan rumus:

=CONCATENATE("0", 123)

Hasilnya akan menjadi "0123". Dalam rumus CONCATENATE, kita memasukkan tanda kutip ganda ("0") untuk menyatakan angka 0 sebagai teks, dan kemudian kita memasukkan angka yang ingin kita tambahkan setelahnya.

Selain CONCATENATE, kita juga dapat menggunakan operator ampersand (&) untuk mencapai hasil yang sama. Contohnya seperti ini:

="0" & angka

Dengan menggunakan salah satu dari kedua metode tersebut, kita dapat dengan mudah menampilkan angka 0 di awal angka yang kita inginkan dalam sel Excel.

Kesimpulan

Nah bagaimana cukup mudah bukan cara agar 0 di excel tidak hilang. Yups, banyak pengguna Excel, terutama yang baru memulai, mungkin tidak menyadari cara menambahkan angka nol di awal dan mengapa angka nol tersebut hilang saat dimasukkan ke dalam sel. 

Excel memiliki algoritma tertentu yang memperlakukan angka-angka secara default sebagai angka standar, sehingga angka nol di depan seringkali dihapus.

Untuk menambahkan angka nol di awal dengan benar, kita perlu menggunakan tanda string ('), juga dikenal sebagai tanda petik tunggal, sebelum angka tersebut. 

Dengan menggunakan tanda string, Excel akan menginterpretasikan input sebagai teks dan menjaga keberadaan angka nol di awalnya.

Sebagai alternatif, kita juga dapat melakukan format sel sebagai teks menggunakan opsi Format Cells. Dengan memformat sel atau kolom sebagai teks, Excel akan memperlakukan semua input sebagai teks dan menghindari penghapusan angka nol di awal.

Meskipun terlihat sepele, pemahaman ini penting agar data yang diinput atau ditampilkan di Excel sesuai dengan yang diinginkan.