15 Rumus Excel Untuk Tes Admin Kantor

15 Rumus Excel Untuk Tes Admin Kantor

15 Rumus Excel Untuk Tes Admin Kantor - Rumus Excel adalah alat yang sangat berguna dalam tes administrasi kantor.  

Dengan menggunakan rumus, Anda dapat dengan cepat dan akurat menghitung data yang dibutuhkan, seperti jumlah, rata-rata, persentase, dll. 

Beberapa rumus Excel yang sering digunakan dalam tes administrasi kantor adalah SUM untuk menjumlahkan sejumlah data.  

COUNT untuk menghitung jumlah data yang tidak kosong, AVERAGE untuk menghitung rata-rata data, MAX untuk menemukan nilai tertinggi, dan MIN untuk menemukan nilai terendah. 

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan rumus IF untuk menentukan kondisi tertentu dan menampilkan hasil yang sesuai. 


Pada dasarnya, Excel memiliki berbagai rumus yang bisa digunakan untuk membantu Anda dalam tes administrasi kantor. 

Namun, penting untuk diingat bahwa Anda harus mengetahui cara menggunakan rumus dengan benar agar hasil yang diperoleh akurat. 

Lalu apa saja rumus excel untuk admin dan contohnya? Rumus Excel apa saja yang harus dikuasai admin? Berikut adalah 15 Rumus Excel untuk TES Admin Kantor.

15 Rumus Excel untuk TES Admin Kantor

15 rumus Excel untuk tes Admin kantor. Rumus Excel apa saja yang harus dikuasai admin? Rumus Excel yang Sering Dipakai Dalam Dunia Kerja

Bagaimana cara menjumlahkan di microsost excel? Ada beberapa rumus Excel yang biasa digunakan. 

Rumus Excel tersebut adalah rumus dasar yang biasa dan kerap kali digunakan oleh admin. 

Berikut excel.web.id mencoba rangkum 15 rumus Excel yang harus dipelajari oleh seorang admin dan Rumus Excel yang Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja:

1. Rumus SUM

Rumus excel wajib untuk administrasi perkantoran yang harus dikuasai oleh admin adalah Rumus SUM. SUM rumus Excel yang digunakan untuk menjumlahkan sejumlah data yang berada dalam sebuah kolom atau baris. 

Rumus ini ditulis dengan mengetik =SUM( dan diikuti dengan range atau jangkauan data yang akan dijumlahkan, dipisahkan dengan koma. Contoh penggunaan rumus SUM adalah =SUM(A1:A5), yang akan menjumlahkan data dari cel A1 sampai A5. 

Sobat excel.web.id juga dapat menggunakan rumus SUM untuk menjumlahkan data yang berada dalam beberapa kolom atau baris dengan menentukan range untuk setiap kolom atau baris yang akan dijumlahkan, dipisahkan dengan tanda koma.
"=SUM(A1:A3)" atau "MIN(A1:A5)"

2. Rumus COUNT

Rumus excel wajib untuk administrasi perkantoran yang harus dikuasai oleh admin adalah COUNT. 

COUNT merupakan rumus Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah data yang tidak kosong dalam sebuah kolom atau baris. 

Rumus ini ditulis dengan mengetik =COUNT( dan diikuti dengan range atau jangkauan data yang akan dihitung, dipisahkan dengan koma. 

Contoh penggunaan rumus COUNT adalah =COUNT(A1:A5), yang akan menghitung jumlah data yang tidak kosong dari cel A1 sampai A5. 

Anda juga dapat menggunakan rumus COUNT untuk menghitung data yang berada dalam beberapa kolom atau baris dengan menentukan range untuk setiap kolom atau baris yang akan dihitung, dipisahkan dengan tanda koma. 

Rumus ini juga dapat digunakan untuk menghitung jumlah sel yang tidak kosong dalam sebuah range yang ditentukan.
Rumus Count : count(value1,[value2],..]
Contoh Count : =count(a1:a10)

3. Rumus AVERAGE

Rumus Excel Untuk Tes Admin Kantor selanjutnya adalah AVERAGE yang merupakan rumus Excel yang digunakan untuk menghitung rata-rata dari sejumlah data yang berada dalam sebuah kolom atau baris. 

Rumus ini ditulis dengan mengetik =AVERAGE( dan diikuti dengan range atau jangkauan data yang akan dihitung rata-ratanya, dipisahkan dengan koma. 

Contoh penggunaan rumus AVERAGE adalah =AVERAGE(A1:A5), yang akan menghitung rata-rata dari data dari cel A1 sampai A5. 

Anda juga dapat menggunakan rumus AVERAGE untuk menghitung rata-rata data yang berada dalam beberapa kolom atau baris dengan menentukan range untuk setiap kolom atau baris yang akan dihitung rata-ratanya, dipisahkan dengan tanda koma. 

Rumus ini sangat berguna untuk menentukan nilai rata-rata dari data yang cukup besar dan digunakan pada tes administrasi kantor.
=AVERAGE(A2:A20)

4. Rumus MATCH

Rumus MATCH pada Microsoft Excel adalah formula yang digunakan untuk menentukan posisi suatu data dalam sebuah tabel atau daftar. 

Formula ini memiliki tiga argumen: data yang akan dicari, tabel atau daftar yang digunakan untuk pencarian, dan opsi untuk menentukan jenis pencarian (exact match atau approximate match). 

Jika data ditemukan, rumus akan mengembalikan posisi baris atau kolom dari data tersebut dalam tabel atau daftar. Jika data tidak ditemukan, rumus akan mengembalikan #N/A.
Rumus Match : match(lookup_value,lookup_array,[match_type])
Contoh Match : =match("Jojon",A1:A20,0)

5. Rumus MAX dan MIN

MAX dan MIN adalah rumus Excel yang digunakan untuk mencari angka tertinggi atau terendah di dalam deretan sel yang berisi angka.

Contohnya jika Anda ingin mencari nilai tertinggi dan terendah dari hasil penjualan bulan Januari 2020 - Januari 2021, masukkan hasil penjualan data pada 1 sel deret ke bawah atau ke samping (misal sel A2 sampai sel A13). Lalu Anda bisa menggunakan rumus:
Terbesar: =MAX(A2:A13)
Terkecil: =MIN(A2:A13)

6. Rumus IF

Rumus excel dasar yang wajib dikuasai profesi Admin berikutnya adalah Rumus IF sebagai salah satu rumus excel untuk admin perkantoran.

Rumus IF adalah rumus Excel yang digunakan untuk melakukan perbandingan logika dalam sebuah spreadsheet dan menampilkan hasil sesuai dengan kondisi yang ditentukan. 

Rumus ini ditulis dengan mengetik =IF( dan diikuti dengan kondisi yang akan dibandingkan, kemudian diikuti dengan "," dan diikuti dengan apa yang akan ditampilkan jika kondisi tersebut benar, dan diikuti dengan "," dan diikuti dengan apa yang akan ditampilkan jika kondisi tersebut salah. 

Contoh penggunaan rumus IF adalah =IF(A1>B1,"A lebih besar dari B","A kurang dari B"), yang akan mengecek apakah nilai dari cel A1 lebih besar dari nilai cel B1, jika benar akan menampilkan "A lebih besar dari B" jika salah "A kurang dari B" . 

Rumus ini sangat berguna untuk melakukan perbandingan logika dari data yang cukup besar dan digunakan pada tes administrasi kantor.
Rumus IF : IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])
Contoh IF : =IF(2<3,"Benar","Salah") > "Benar" =IF(2>3,"Benar","Salah") > "Salah"

7. Rumus VLOOKUP

Rumus Excel untuk admin perkantoran berikutnya adalah Rumus VLOOKUP sebagai salah satu rumus Excel untuk tes Admin Kantor yang harus sobat excel.web.id kuasai.

VLOOKUP (Vertical Lookup) adalah formula pada Microsoft Excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data dari tabel atau daftar yang terletak di samping kolom yang ditentukan. 

Formula ini memiliki empat argumen: kolom yang akan dicari, tabel yang digunakan untuk pencarian, nomor kolom yang akan diambil dari tabel tersebut, dan opsi untuk menentukan apakah pencarian harus dilakukan secara tepat atau tidak.
Rumus VLookUp : vlookup(lookup_value,lookup_array,[match_type])
Contoh VLookUp =vlookup("Jojon",A1:C11,3,0)

8. Rumus CHOOSE

Rumus Excel ini digunakan untuk memilih dan menampilkan suatu nilai pada satu list nilai. Rumus ini digunakan untuk memilih 1 nilai sampai 254 sesuai dengan nomor indeks.

Contohnya, nilai 1 - 7 adalah nama hari dalam satu minggu, rumus ini akan menempatkan nama salah satu hari jika menggunakan nomor indeks 1 sampai dengan 7. Rumusnya adalah: 
=CHOOSE(index_num,value1,[value 2],.....)

9. Rumus HLOOKUP

Sama halnya dengan VLOOKUP, rumus Excel Hlookup digunakan untuk mencari data, bedanya rumus ini ditujukkan untuk data-data horizontal atau mendatar. Dengan rumus yang digunakan adalah:
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

10. Rumus COUNTA

Hampir sama dengan COUNT, rumus Excel COUNTA digunakan bukan hanya menghitung jumlah sel yang berisi angka, tetapi juga sel berisi apapun. Sehingga Anda bisa menghitung jumlah sel yang tidak kosong.

Contohnya, Anda memiliki data angka dan juga kata pada sel A1 sampai dengan sel P1. Di antara sel tersebut terdapat beberapa sel yang kosong. Untuk menghitung jumlah sel yang berisi data, Anda bisa menggunakan rumus Excel:
=COUNTA(A1:P1)

11. Rumus PRODUCT

Rumus Excel ini berguna untuk melakukan perkalian pada data yang ada di suatu range. Rumus Excel ini ditulis seperti di bawah ini:

Contohnya, jika ingin mengalikan data pada kolom B3 dan B9, maka rumusnya menjadi =PRODUCT(B3,B9).
=PRODUCT(numb1_numb2)

12. Rumus CONCATENATE

Rumus Excel ini digunakan untuk menggabungkan data. Misalkan Anda ingin menggabungkan data di kolom C1 dan C2, maka rumusnya adalah:
=CONCATENATE(C1;C2)

13. Rumus COUNTIF

Rumus COUNTIF adalah rumus Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah sel yang memiliki kriteria sama untuk kebutuhan sortir data.

Misalkan Anda sedang melakukan survei dan ingin tahu kecenderungan orang membaca berita (Online atau Koran), dari 100 responden, berapa orang yang lebih menyukai membaca berita melalui koran. Jika data responden ada di kolom B2 sampai B101, maka rumusnya adalah:
=COUNTIF(B2;B101;"Koran")

14. Rumus TRIM

Rumus Excel TRIM berguna untuk menghapus spasi yang berlebih pada kalimat yang ada di sel. Rumus ini hanya bisa diaplikasikan pada satu sel saja. Contoh rumusnya adalah:
Rumus Trim : trim(text)
Contoh Trim : =trim("Ini adalah rumus excel yang mudah dipelajari ")

15. Proper dan Upper

Fungsi rumus Excel Proper adalah mengubah teks ke bentuk proper case (huruf pertama jadi huruf besar).
Rumus Proper : Proper(text)
Contoh Proper =proper("ini aDalah rumUS eXcel yang mudah diPelajari") > Ini Adalah Rumus Excel Yang Mudah Dipelajari
Fungsi rumus Excel Upper adalah mengubah teks ke bentuk upper case (huruf besar semua)
Rumus Upper : Upper(text)
Contoh Upper : =upper("ini adalah rumus excel sederhana di dunia kerja") > INI ADALAH RUMUS EXCEL SEDERHANA DI DUNIA KERJA

Penutup

Nah itu dia sobat excel.web.id 15 Rumus Excel Untuk Tes Admin Kantor yang dibahas di atas sangat penting untuk digunakan dalam tes administrasi kantor. 


Masing-masing rumus memiliki fungsi yang berbeda dan dapat digunakan untuk membantu pekerjaan yang berbeda, seperti mencari data, mengolah data, dan menganalisis data. 

Dengan menguasai rumus-rumus ini, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja Anda dalam menyelesaikan tugas administratif.